Kejenuhan dalam Hubungan. Terdapat beragam cara seseorang untuk mendapatkan pasangan hidup. Ada yang melalui tahap pacaran, tanpa pacaran, dijodohkan, dan sebagainya. Kali ini, penulis akan membagi tips-tips buat kamu yang berpacaran agar tidak merasa jenuh. Salah satu alasan seseorang memilih pacaran agar memiliki sosok spesial untuk bisa berbagi banyak hal. Tidak hanya berbagi, namun juga saling melengkapi berbagai kebutuhan baik fisik maupun non fisik.

Jangka waktu dalam proses menjalin hubungan pun beragam, ada yang singkat dan panjang. Ada yang baru memulai dan ada yang sudah lama menjalani. Pada saat hubungan baru terjalin, umumnya seseorang akan sangat bahagia dan menikmati relasi tersebut. Bagaimana dengan orang yang sudah menjalani hubungan sejak lama? Pasang surut dalam hubungan tentunya sudah dialami. Dari sekian banyak masalah yang terjadi, salah satunya adalah kejenuhan. Baik jenuh dengan hubungan yang sedang dijalani atau bosan dengan pasangan itu sendiri. Jika tidak segera diatasi, ada kemungkinan hubungan bisa berakhir.

Penulis ingin memberikan beberapa tips untuk bisa meminimalisir kejenuhan atau kebosanan dengan pasangan dan tetap enjoy menjalani hubungan tersebut. Tips ini diambil dari berbagai sumber bacaan yang ada. Check this out!

  1. Personal Time
Saat seseorang sudah memilki pasangan, biasanya akan banyak waktu yang dihabiskan bersama. Hingga terkadang membuat seseorang lupa bahwa mereka tetap memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Perlu dipahami betul bahwa waktu yang kita jalani tidak selalu harus bersama pasangan. Kita tetap perlu memiliki waktu untuk diri kita sendiri. Misalnya, kita bisa pergi ke salon sendiri, shopping, nonton bioskop sendiri, ke toko buku sendiri, dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan sendiri.

  1. Tetap mempunyai waktu bersama teman dan keluarga
Walaupun kita sudah memiliki pasangan, kita harus ingat bahwa kita mempunyai teman dan anggota keluarga dimana kita perlu menghabiskan waktu bersama mereka. Selain pergi bersama pasangan, kita perlu juga diselingi dengan kumpul bersama teman dan liburan bersama keluarga. Bagaimanapun, teman dan keluarga telah kita miliki saat kita belum mempunyai pasangan.

  1. Buat kejutan kecil untuk pasangan
Membuat kejutan untuk pasangan tidak perlu menunggu si dia ulang tahun atau momen-momen spesial lainnya. Kejutan selalu bisa diciptakan kapan pun kita mau. Dengan memberikan kejutan kecil kepada pasangan, bisa jadi cara yang cukup ampuh untuk mengurangi kebosanan dengan pasangan. Hal yang tidak diduga tersebut dapat menumbuhkan rasa kasih sayang yang lebih besar untuk pasangan. Selamat mencoba!

  1. Melakukan aktivitas bersama yang belum pernah dilakukan
Pada umumnya, setiap pasangan memilki aktivitas bersama yang dilakukan secara rutin. Coba kita ingat-ingat kembali, aktivitas apa saja yang mungkin belum dilakukan bersama pasangan. Aktivitas ini menjadi sesuatu hal yang baru. Aktivitas yang dipilih bisa sesuatu hal yang mungkin tidak disukai sebelumnya atau aktivitas yang menantang. Tentunya untuk bisa melakukan aktivitas baru ini perlu ada kesepakatan terlebih dahulu ya! Supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Dari aktivitas baru tersebut, bisa jadi kita akan menemukan hal baru lainnya dari pasangan. Menyenangkan bukan?!

  1. Berikan jeda dalam hubungan
Memberikan jeda dalam hubungan bukan berarti kamu harus menjauh dari pasanganmu atau ‘putus sebentar’. Ini bisa dimaknai dengan memberikan waktu dan jarak untuk kalian berdua. Memastikan bahwa kalian juga memiliki kehidupan kalian sendiri selain bersama pasangan. Mengingat bahwa segala sesuatu tidak selalu harus dilakukan berdua, tetapi kadang kala bisa juga dilakukan sendiri. Hal ini memberikan jaminan bahwa kita tidak harus selalu bergantung dengan pasangan, tetapi kita juga bisa mandiri.

Setiap orang maupun pasangan tentu memiliki proses adaptasi yang berbeda-beda. Tidak bisa diperlakukan sama. Tips ini tentu hanya sebagian kecil yang bisa dilakukan. Kamu bisa menciptakan tips-tips yang lain sesuai kebutuhan kamu.

Hal penting untuk diingat bahwa untuk bisa menerapkan tips ini, tidak hanya kamu sendiri yang melakukan, tetapi juga berlaku untuk pasanganmu. Dengan demikian, perlu ada kerja sama antara kamu dan pasangan untuk mengatasi kejenuhan ini. Selamat mencoba J


Penulis : Novie Juanita
Penyunting : Heni Mulyati