“Kenapa kamu gambar gedung-gedung Jakarta?” tanya Bonitha sambil menunjukkan sebuah karya berupa gedung-gedung dan ilustrasi abstrak di bawahnya.
“Iya kak, saya ingin tahu bagaimana perkembangan di luar sana,” jawab anak yang sudah tiga bulan berada di LPKA Klas II Jakarta.

“Terus, bawahnya ini artinya apa?” lanjutnya.

“Itu imajinasi saya kak,” jawab anak dengan semangat.

Itulah sepenggal percakapan ketika anak menceritakan karya yang dibuat. Karya itu dituangkan dalam banner bekas dengan plastik bening sebagai tempat menyimpan barang. Bagian atasnya terdapat gantungan baju sebagai pengait. Tidak hanya unik dan menarik, namun juga pemanfaatan barang-barang bekas. Dengan dipandu Kak Ricky, Kak Santo dari RTJ, serta relawan Centra Mitra Muda (CMM) menghasilkan belasan karya anak yang membuat ruangan semakin semarak.

Karya yang dipamerkan pada Rabu (11/07/2018) di aula Lapas Salemba tidak hanya lukisan banner, ada pula Photo Voices karya anak yang sebelumnya difasilitasi PKBI DKI Jakarta. Pameran karya anak ini melengkapi acara halal bi halal di LPKA Klas II Jakarta dan inisiasi pembentukan Forum Peduli Anak.  Selain itu, anak menampilkan musik kreatif yang mengundang decak kagum.

Hadir dalam acara undangan yang meliputi: Ka. Lapas Salemba, Ka. LPKA Klas II Jakarta, Rutan Salemba, Bapas Jakpus, Sudinkes Jakpus, Sudinsos Jakpus, Puskesmas Cempaka Putih, Yayasan Pelita Ilmu, Rumah Tanpa Jendela, Tangan Pengharapan, dan Yoga Indonesia. Masing-masing perwakilan lembaga menandatangani bentuk komitmen bersama yang dituangkan dalam kanvas.

LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak), sebelumnya dikenal dengan Lembaga Pemasyarakatan Anak, merupakan tempat di mana anak mendapatkan pembinaan dan persiapan dalam proses kembali ke masyarakat dan keluarga. Pembinaan tersebut tidak hanya tanggung jawab LPKA, namun juga tanggung jawab bersama.

Harapannya, semakin banyak pihak-pihak lain yang berkontribusi dalam upaya pembinaan, baik selama maupun setelah kembali ke masyarakat. Sebab anak adalah generasi penerus bangsa. Di tangan-tangan mereka negara ini akan dilanjutkan kelak. Mari sinergi, wujudkan mimpi mereka! (HM)