rx online

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta yang bertempat di Salemba, memiliki banyak aktivitas seperti kegiatan sekolah, kerohanian, dan penyaluran bakat minat. Kali ini, anak-anak belajar membuat kerajinan tangan menggunakan manik-manik berbahan plastik atau mote.

Kegiatan pada hari Senin, 22 April 2019 merupakan sesi kedua ketika sebelumnya pada sesi pertama anak diajak berkenalan dengan kerajinan mote dari sisi peluang usaha. Pelatih adalah Kak Febri yang memiliki usaha produksi souvenir di Cilacap. Saat ini pangsa pasarnya adalah toko souvenir dan objek wisata sekitar Cilacap. Bersama dengan ibunya, Kak Febri mengembangkan usaha dengan turut melibatkan tetangga sekitar.

Meski berusia muda, tidak menghalangi Kak Febri untuk memperkenalkan karya seni ini pada masyarakat luas. Berbagai penolakan sempat ia temui dan pernah pula mengalami ditipu orang. Meski demikian, tak menyurutkan langkahnya dalam usaha.

Perjuangan tiga tahun itu membuahkan hasil. Ia sudah memiliki toko souvenir yang siap menampung produksinya, menerima pesanan souvenir pernikahan, dan remaja sekitar turut membantu menjual produknya.

Semangat inilah yang ingin dibagikan kepada anak-anak di LPKA Jakarta. Selalu berjuang dan pantang menyerah. Kak Febri pada pertemuan kedua mengenalkan cara membuat gantungan kunci strawberry.

Anak-anak tampak semangat dan karya yang dihasilkan cukup memuaskan. Dalam prosesnya, anak yang sudah bisa lebih dulu akan membantu teman lainnya yang masih belum paham. Sehingga, ada kerja sama selama proses pelatihan.

Nantikan karya yang lainnya yah! Pastinya tidak kalah keren dengan yang sekarang. (HM)


Anak Berlatih Membuat Gantungan Kunci
Karya Anak
Karya Anak
Karya Anak