rx online

Bertempat di Kantor Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, telah berlangsung penyerahan kartu identitas kepada 1.103 anak dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) pada Senin, 23 Maret 2019.

Acara diawali dengan penampilan angklung dari LPKA Kelas I Tangerang. Dilanjutkan dengan video singkat mengenai tanggapan anak yang telah menerima kartu identitas.

Penampilan Angklung Anak LPKA Kelas I Tangerang

Setelah serangkaian sambutan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, The Asia Foundation, dan Departement of Foreign Affairs and Trade-Australia, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis KIA, E-KTP, KIS, dan KIP. Penyerahan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Nasional Pemenuhan Hak Identitas Anak dalam rangka Revitalisasi Pemasyarakatan bagi Anak yang dilakukan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Yasonna

Dalam sambutannya dinyatakan, “pemberian kartu identitas bertujuan agar anak yang berhadapan dengan hukum juga mendapatkan hak-haknya, termasuk akses terhadap pelayanan publik.”


Simbolisasi Penyerahan KIA, E-KTP, KJP, dan KIS bagi Anak LPKA

Dilanjutkan dengan Story Telling yang disampaikan oleh anak dari LPKA Kelas II Jakarta. Diceritakan tentang kisah hidupnya dan bagaimana proses selama pembinaan di LPKA. Ia memiliki mimpi, ketika bebas nanti melanjutkan sekolah dan kuliah. Harapannya, banyak pihak yang mendukung dan menerima kembali demi mencapai cita-citanya.

Story Telling Anak LPKA Kelas II Jakarta

Acara semakin hangat dengan talk show yang dipandu moderator Fristian Griec (Kompas TV). Hadir narasumber yang terdiri atas Prof. Harkristuti Harkrisnowo (akademisi) dan perwakilan lembaga seperti: Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bappenas.

Sesi Talk Show yang Dipandu Fristian Griec (Kompas TV)
Moderator Talk Show Fristian Griec (Kompas TV)

Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan terhadap mitra-mitra yang mendukung pemenuhan identitas anak. Mitra tersebut meliputi PKBI DKI Jakarta, PKBI Bengkulu, PKBI Sumatera Selatan, PKBI Jawa Barat, PKBI NTT, PKBI Sulawesi Selatan, LPA Jawa Timur, Dukcapil, dan mitra-mitra lainnya.

Penerima Penghargaan dari Dirjenpas

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, harapan ke depan, akses Anak terhadap identitas semakin luas dan pemenuhan hak Anak LPKA dapat tercapai. Butuh sinergi banyak pihak untuk wujudkan hal tersebut. Kegiatan hari ini, menjadi titik awal menuju mimpi tersebut. (HM)

Foto Bersama PKBI dengan Ibu Sri Puguh Budi Utami (Dirjenpas)