Siaran Pers: Komitmen Warga Pisangan Baru STOP Kekerasan

rx online

SIARAN PERS

Kepada Yth. Redaktur Berita

 

WARGA PISANGAN BARU BERKOMITMEN STOP KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK

Warga Kelurahan Pisangan Baru, Jakarta Timur menyatakan komitmennya menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak. Komitmen tersebut secara simbolis dinyatakan dalam aksi flashmob Dance 4 Life dan tarian “Three Ends”, serangkaian gerak tari yang menyiratkan pesan untuk menghentikan kekerasan. Kader Masyarakat RW 09 Pisangan Baru dan remaja Karang Taruna bekerjasama mengajak warga menghentikan berbagai bentuk kekerasan di lingkungannya dengan melakukan Kampanye dan Sosialisasi mengenai “Stop Kekerasan pada Perempuan dan Anak”. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Agustus 2017 pukul 19.30 hingga 22.00 WIB di RW 09 Kelurahan Pisangan Baru, Jakarta Timur.

Data Catatan Tahunan Komnas Perempuan, sebanyak 259.150 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dan ditangani selama tahun 2016, yang terdiri dari 245.548 kasus bersumber pada data kasus/perkara yang ditangani oleh 359 Pengadilan Agama. Kekerasan di ranah komunitas mencapai angka 3.092 kasus (22%), di mana kekerasan seksual menempati peringkat pertama sebanyak 2.290 kasus (74%), diikuti kekerasan fisik 490 kasus (16%) dan kekerasan lain di bawah angka 10%; yaitu kekerasan psikis 83 kasus (3%). Jenis kekerasan yang paling banyak pada kekerasan seksual di ranah komunitas adalah perkosaan (1.036 kasus) dan pencabulan (838 kasus).

Data di atas menunjukkan bahwa kekerasan masih banyak terjadi dan pola kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin kompleks, beragam pola dan tingkat kekerasannya, serta lebih cepat dari kemampuan Negara untuk merespon. Salah satunya adalah kekerasan dan kejahatan cyber yang semakin rumit pola kasus kekerasannya, dari pembunuhan karakter, pelecehan seksual melalui serangan di dunia maya yang dirasakan dan berdampak langsung dan berjangka panjang pada korban, terkadang pelaku sulit dideteksi, namun respon dan perlindungan hukum belum cukup memadai.

Peran masyarakat sangat penting dalam pencegahan dan penanggulangan kekerasan. Masyarakat dapat mempersempit ruang untuk terjadinya kekerasan di lingkungan sekitar dengan cara melaporkan kasus kekerasan dan membantu korban dalam menyelesaikan kasus tersebut.

PKBI Cabang Jakarta Timur melalui Program Pemberdayaan Masyarakat yang didukung oleh AIDS Healthcare Foundation – Indonesia mengajak masyarakat untuk dapat sadar akan perilakunya. Salah satunya dalam momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, masyarakat di RW 09 Kelurahan Pisangan Baru, Jakarta Timur dapat ikut serta dalam kampanye dan sosialisasi Stop Kekerasan pada perempuan dan anak di lingkungannya.

Dengan Rangkaian Acara, sebagai berikut:

  1. Kampanye Lagu dan Tarian “Three ends” (Kampanye untuk mengakhiri Kekerasan)
  2. Sosialisasi Kader dan Remaja Pisangan Baru untuk Stop Kekerasan di lingkungannya
  3. Flashmob dance4life remaja RW 09 Pisangan Baru
  4. Tarian-tarian daerah
  5. Paduan suara dari Kader Masyarakat
  6. Siaran pers

Tentang PKBI DKI Jakarta:

PKBI DKI Jakarta adalah sebuah organisasi non pemerintah yang mempunyai perhatian pada upaya pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi masyarakat, termasuk di dalamnya hak atas kesehatan terkait HIV dan AIDS. PKBI DKI Jakarta mempunyai 5 cabang di wilayah Jakarta, salah satunya adalah PKBI Cabang Jakarta Timur. Program-program PKBI DKI Jakarta meliputi Program Pelayanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi, Program Pemberdayaan Masyarakat, dan Program Remaja melalui Centra Mitra Muda.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • Siti Aisyah (0812 9686 6143)

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia
Provinsi DKI Jakarta
==========================================

Jl. Pisangan Baru Selatan (Ex.Gedung Puskesmas Pisangan baru) Kec. Matraman, Jakarta Timur 13110

Telp: 021-8520271
Fax: 021-85909885
Email: pkbidki@pkbi.or.id
www.centramitramuda.org
www.procareclinic.org
www.lecenter-indonesia.com
www.pkbidkijakarta.org