One Night Stand. Sebuah Fenomena, Apa saja dampaknya?

“Cinta Satu Malam” ternyata bukan hanya sekedar istilah guyonan saja, namun tahukah kamu bahwa terdapat istilah One Night Stand (ONS). Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun bagi yang belum tahu dan baru mendengar istilah ini, One Night Stand berasal dari bahasa barat yang identik dengan hubungan seksual yang hanya berlangsung selama satu malam saja. One Night Stand juga identik dengan berganti-ganti pasangan seksual. Namun siapa sangka, One Night Stand memiliki dampak buruk bagi kesehatan psikis maupun fisik khususnya kesehatan reproduksi. Dikutip dari hellosehat.com berikut merupakan resiko yang ditimbulkan dari berganti-ganti pasangan (Lestari, 2019) :

  1. Meningkatkan Risiko HIV
    HIV (human immune deficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Penularan HIV akan berisiko lebih tinggi pada orang yang melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan. Untuk menurunkan angka infeksi HIV, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk dapat berhubungan seksual hanya dengan satu pasangan.

  2. Meningkatkan Risiko Infeksi Menular Seksual.
    Infeksi menular seksual tidak bisa dianggap sebelah mata karena dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jenis infeksi yang sering muncul adalah gonorrhea, sifilis, dan infeksi jamur pada alat kelamin.

  3. Memicu Perilaku Berisiko
    Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan kesehatan psikologis, jumlah pasangan, kecenderungan melakukan perilaku berisiko, dan penyalahgunaan zat adiktif. Hasil yang didapat yaitu, seseorang yang sering berganti-ganti pasangan lebih mudah ketergantungan terhadap zat adiktif. Perilaku berisiko lain yang ditimbulkan seperti mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang.

  4. Memicu Depresi dan Kekerasan dalam Hubungan
    Kecenderungan berganti-ganti pasangan memiliki potensi yang lebih berisiko dan berbahaya lainnya seperti perasaan rendah diri, ketidakharmonisan yang bahkan  memicu kekerasan dalam membina hubungan, hingga depresi.


Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang menjalin hubungan hanya dengan satu pasangan akan dapat menikmati hubungannya dengan baik. Potensi kekerasan dalam hubugan pun akan lebih kecil. Remaja juga menjadi salah satu ategori yang rentan pada kekerasan dalam pacarana apalagi jika dihadapkan pada situasi ONS.

Lalu apa-apa upaya pencegahan agar dapat terhindar dari perbuatan tersebut? Berikut merupakan tips yang bisa kamu lakukan sebagai remaja produktif yang sehat jasmani maupun rohani (Shintyadita, 2015).

  1. Tidak melakukan hubungan seks sebelum nikah. Jika sudah, lakukanlah dengan aman dan sehat.
  2. Mencari informasi yang benar mengenai kesehatan remaja khususnya kesehatan reproduksi.
  3. Menghindari penggunaan obat-obat terlarang, jarum suntik, tatto dan tindik yang tidak steril.
  4. Mendiskusikan secara terbuka permasalahan yang sering dialami remaja mengenai masalah perilaku seksual dengan orang yang kamu percaya.
  5. Menghindari perilaku yang dapat mengarah pada perilaku yang tidak sehat dan tidak bertanggung jawab.
  6. Jadilah remaja yang sehat dan bertanggung jawab dalam segala aspek.

 

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa one night stand atau yang biasa kita kenal yaitu “cinta satu malam” ternyata dapat berdampak serius dari sisi kesehatan dan juga psikisnya bagi seseorang yang melakukannya. Oleh karena itu, yuk kita lebih meningkatkan akan pentingnya kesadaran menjaga kesehatan fisik dan organ reproduksi mulai sekarang yaaa!

Penulis : Sinta
Editor : Annisa Inayah

DAFTAR PUSTAKA

Lestari, D. A. (2019, April 06). Selain Infeksi Menular Seksual, Ini Dampaknya Jika Seting Gonta-ganti Pasangan. Retrieved from hellosehat.com: https://hellosehat.com/mental/hubungan-harmonis/perilaku-berisiko-gonta-ganti-pasangan/

Shintyadita, N. (2015, Oktober 11). Perilaku One Night Stand di Kalangan Remaja, Life Style Kah? Retrieved from kisara.or.id: https://www.kisara.or.id/artikel/perilaku-one-night-stand-di-kalangan-remaja-life-style-kah.html

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp