INTERNATIONAL YOUTH DAY 2019 : PENDIDIKAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI MASA KINI

International Youth Day (IYD) merupakan peringatan Hari Remaja Sedunia yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Sejak tahun 2000 IYD menjadi ajang remaja dalam menyuarakan Hak-Hak Remaja. Centra Mitra Muda sebagai Youth Center atau Pusat Informasi, Edukasi, dan Layanan bagi Remaja di Jakarta turut berpartisipasi dalam setiap perayaan IYD serta menjaga komitmen untuk fokus menginovasi program dan strategi advokasi sebagai upaya pemenuhan Hak Pendidikan Kesehatan Seksual Reproduksi Remaja.

Pendidikan seksual dan reproduksi remaja masa kini, melihat pada akar permasalahan yang terjadi pada remaja seperti minimnya akses informasi, pendidikan, dan layanan seksual reproduksi komperhensif. Centra Mitra Muda mencoba membuka akses tersebut melalui advokasi strategis kepada pemerintah dalam acara peringatan IYD yang bertemakan “Transforming Sexuality Education” berakar pada tujuan SDGs ke-4 tentang Pembangunan Berkelanjutan untuk memastikan pendidikan berkualitas inklusif dan adil serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua orang.

Kegiatan IYD 2019 yang diselenggarakan oleh Centra Mitra Muda serta didukung oleh Mall Kalibata City Square berlangsung pada tanggal 25 Agustus 2019. Dihadiri Orang Tua remaja ragam identitas, Kepala Sekolah dan Guru tingkat SMP, SMA se-DKI Jakarta, Remaja ragam identitas, dan pemangku kepentingan terkait seperti Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DKI Jakarta, dan rekan-rekan Media Masa untuk terlibat serta berpartisipasi dalam menyuarakan pemenuhan Hak Pendidikan Kesehatan Seksual Reproduksi Remaja. Masih banyak guru dan orang tua yang “tabu” membicarakan kesehatan reproduksi kepada remaja. Ketabuan ini juga dialami oleh remaja sehingga remaja memiliki pengetahuan yang rendah terkait seksualitas kemudian kurang bertanggungjawab atas perilaku seksualnya.

Dalam rangkaian perayaan IYD, diadakan diksusi publik yang berfokus pada penyelenggaraan pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah se- DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2013 tentang penyelengaraan kesehatan reproduksi remaja. Dalam upaya tersebut, kemudian hasil petisi dukungan semua orang dalam mendorong penyelenggaraan pendidikan seksual dan reproduksi yang komperhensif. Perayaan IYD 2019 juga harapannya dapat memberikan ruang untuk remaja sekolah dan luar sekolah dalam menyuarakan pendidikan seksual dan reproduksi yang komperhensif dengan sebuah hasil karya foto yang dinamai dengan Pameran Photovoice, bertemakan Pendidikan Kesehatan seksual dan reproduksi bisa mencegah perilaku seksual berisiko & kekerasan, remaja membutuhkan ruang aman untuk mengekspresikan dirinya, kesetaraan membuat hidup kita jadi lebih harmonis dan perlindungan dapat menghindari remaja dari perlakuan buruk.

Perayaan IYD 2019 ini menjadi satu wadah penting yang menyambungkan berbagai elemen-elemen seperti Orang Tua, Guru, Tokoh Masyarakat, Publik Figure, dan Pemangku kebijakan dalam pemerintahan untuk bersama-sama membantu remaja memahami apa yang terjadi pada periode transisi kehidupan. Selain itu, harapannya mendorong remaja dalam membangun kepercayaan diri untuk menentukan sendiri pilihan-pilihan terbaik dan bertanggungjawab dalam hidupnya. Tentunya semua itu harapannya dapat terjadi melalui terbentuknya sistem pendidikan seksual dan reproduksi yang komperhensif bagi semua remaja.


Penulis : Annisa Innayah
Penyunting : Tri Maharti
Juru foto : Imam Mukhlishin , Reza Ari Setiawan